Dec 23, 2012

Manggis buah 'dewa' dari indonesia

Manggis merupakan buah asli Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Buah ini memiliki kulit keras berwarna gelap dengan rasa buah yang asa dan manis. Jus manggis sangat populer di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Mau tahu khasiatnya? Berikut adalah manfaat kesehatan dari manggis, seperti dilansir Livestrong.

Mengurangi peradangan

Inflamasi sistemik pada orang yang mengalami obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut, termasuk diabetes dan penyakit jantung. Sebuah artikel di Journal Nutrition juga melaporkan bahwa relawan yang minum jus manggis dua kali sehari menunjukkan penurunan inflamasi yang signifikan dalam aliran darah.

Penyakit gusi

Walaupun hasil dari penelitian ilmiah ini masih sangat awal, para ilmuwan tetap mempelajari manggis sebagai "senjata" untuk melumpuhkan penyakit gusi, yang dikenal dengan sebutan periodontitis.

Efek antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melawan bahaya radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel, penyakit jantung, dan kanker. Radikal bebas secara alami memang diproduksi oleh tubuh. Namun, radikal bebas juga diciptakan oleh faktor lingkungan seperti polusi asap tembakau, radiasi dan polutan kendaraan.

Jus manggis adalah minuman yang sangat kaya antioksidan, yang dikenal dengan sebutan xanthones. Xanthone ditemukan hanya dalam beberapa tanaman tropis, dan manggis merupakan sumber utama dari senyawa tersebut.

Manggis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Maka, tak heran jika banyak orang asing berburu manggis hingga ke Indonesia.

dikutip dari: http://bit.ly/12xSJZC

1 comment :