Oct 28, 2013

Membahagiakan Hati Ketika Bergaul Dgn Sesama


· أبسط وجهَك للناسِ تكسبْ ودَّهم , وألنْ لهم الكلامَ يحبوك , وتواضْع لهم يجلّوك .

· tersenyumlah kepada siapa saja , niscaya anda akan mendapatkan cinta kasih mereka, haluskan tutur kata anda niscaya mereka akan mencintaimu dan rendah hatilah kepada mereka niscaya mereka akan menghormati anda.

· أحسن إلى الناس وقدمِ الخير للبشرِ ؛ لتلقى السعادة من عيادةِ مريضٍ وإعطاءِ فقيرٍ والرحمةِ بيتيمٍ .

· berbuat baiklah kepada manusia dan berilah bantuan kebaikan kepada sesama agar anda mendapatkan kebahagian dari menjenguk orang sakit, dan dari memberi sesuatu kepada orang yang membutuhkannya ( fakir ) dan dari mengasih sayangi anak yatim.

· ادفع بالتي هي أحسنُ , وترفقْ بالناسِ , وأطفئِ العداواتِ , وسالمْ أعداءُك , وكثّر أصدقاءَكَ .

· balaslah perbuatan baik itu dengan yang lebih baik, berbuat baiklah kepada sesama, dan padamkanlah api permusuhan, berdamailah dengan musuh, dan perbanyaklah teman.

· اعتزلِ الناس إلا من خيرٍ , وكن جليس بيتِك , وأقبلْ على شأنِك , وقلِّلْ من المخالطةِ .

· hindarilah sesama manusia kecuali untuk perbuatan baik, jadilah orang yang senantiasa berada didalam rumahnya, hadapilah hal-hal yang ada kepentingannya dengan diri anda, dan kurangilah berbaur dengan banyak orang ( yang tidak membawa manfaat ) .

· طهِّرْ قلبك من الحسدِ, ونقِّهِ من الحقدِ , وأخرجْ منه البغضاء , وأزلْ منه الشحناءَ.

· bersihkan jiwa dari dengki, dan jernihkan dari iri, keluarkan penyakit permusuhan dan percekcokan yang ada dalam jiwa.

من السنن عند لقاء الناس الكلمة الطيبة , وقال صلى الله عليه و سلم: ( والكلمة الطيبة صدقة ) رواه البخاري ومسلم

Termasuk sunnah ketika bertemu dgn orang lain adalah " berkata dengan perkataan yg baik , Rasulullah bersabda ; " ucapan yang baik adalah shodaqoh" (Hr. Bukhari -Muslim )

Jangan lupa mémbaca Doa dan dzikir Pagi Semoga hari-hari anda penuh dengan kebahagian dan senantiasa dalam pertolongan dan lindungan Allah Rabul 'alamin


Sent from my HTC One

0 comments :

Post a Comment