Jan 18, 2013

Tugas dan Fungsi Ahli Masjid

Adapun tugas ahli masjid bisa dipilah ke dalam tiga bidang fungsi yang ada di dalam struktur DKM. Penjelasan ringkasnya adalah sebagai berikut:

1. Dalam bidang ibadah, ahli masjid membantu bidang ibadah dalam penyelenggaraan kegiatan ibadah, seperti terlaksananya shalat rawatib di masjid dan juga pelaksanaan shalat jumat, mulai dari adzan yang tepat waktu, iqamat. Dalam masalah ini, ketua bidang ibadah berhak mengingatkan ahli masjid atas tugas-tugasnya di bidang ibadah.
2. Dalam bidang ta'lim, ahli masjid membantu bidang ta'lim dalam penyelenggaraan kegiatan ta'lim, mulai dari ta'lim ba'da shubuh, ta'lim mingguan dan bulanan. Selain itu membantu mengajar untuk program-program pendidikan yang diadakan oleh bidang ta'lim DKM. Dalam masalah ini, ketua bidang ta'lim berhak mengingatkan ahli masjid atas tugas-tugasnya di bidang ta'lim.
3. Dalam bidang sarana dan prasarana masjid, ahli masjid membantu bidang sarana dan prasarana dalam pengadaan dan pemeliharaan sarana masjid, termasuk di dalamnya adalah menjaga kebersihan sarana masjid. Dalam masalah ini, ketua bidang sarana dan prasarana berhak mengingatkan ahli masjid atas tugas-tugasnya di bidang tersebut.

0 comments :

Post a Comment